Social

Social

Slider

Featured Posts

Recent Post

Recent Tabs

Labels

Labels

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

My Gallery

Recent

Labels

slider

Labels

Recent

Recent

Navigation

Random

Pages

3.20.2017

BAT 3ds Max Tutorial : Sejarah dan Fitur 3ds Max

Tidak ada komentar


3DS MAX

Apa itu 3ds max ? 3ds max atau 3d studio max adalah salah satu software yang biasa digunakan untuk membuat vector 3-Dimensi dan animasi, 3ds max dikeluarkan oleh Autodesk Media & Entertainment (dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix). 3ds max dikembangkan dari pendahulunya yaitu 3D Studio fo DOS.
3ds max adalah perangkat lunak yang paling banyak digunakan untuk membuat objek 3 dimensi baik untuk game maupun desain interior, alasannya karena software ini mempunyai kemampuan untuk mengedit yang lengkap, arsitektur plugin yang banyak dan penggunaan platform Microsoft Windows.
Software 3ds max memiliki beberapa metode pemodelan, yaitu :

  1. Pemodelan Standar Primitif
  2. NURMS (Subdivision Surface)   
  3. Surface Tool
  4. NURBS
  5. Pemodelan Poligon

Pemodelan Standar Primitif
Pemodelan Standar Primitif adalah metode dasar yang digunakan untuk membentuk model dari objek yang terdapat pada software 3ds max. Objek tersebut adalah pola atau bentuk dasar seperti kotak (cube), bola (sphere) , cone, silinder, dan objek lainnya. Selain itu pada pemodelan primitif terdapat fungsi Boolean, pengurangan, pemotongan dan penggabungan.

Fitur – fitur 3ds Max
Untuk keperluan animasi dan 3d design, 3ds max didukung oleh berbagai macam fitur yang sangat membantu untuk proses finishing. Fitur – fitur tersebut adalah :

Bipped
Bipped adalah kerangka atau objek yang membentuk struktur tulang manusia yang dapat disesuaikan. Fitur bipped ini berfungsi untuk menggerakan objek karakter 3 dimensi.

Bone 
Bone memiliki fungsi yang sama dengan bipped namun fitur bone ini hanya berupa satu objek tulang yang dapat disesuaikan dengan objek 3d yang kita buat

Hair and Fur
Hair and Fur berfungsi untuk membuat bulu, rambut, dan lain-lain

Cloth
Cloth adalah fitur yang sering digunakan untuk objek berbentuk kain. Dengan fitur cloth objek kain atau baju dapat terlihat lebih natural dan realistic.

Camera
Seperti namanya fitur camera ini memiliki fungsi untuk mengambil  gambar sesuai angle atau sudut yang kita inginkan.

Masih banyak fitur lainnya yang terdapat pada software 3ds max atau 3d Studio Max ini.
Kelebihan software 3ds max
  • Mampu membuat objek visual 3 dimensi dan dapat di rubah sesuai keinginan.
  • Mampu memberikan kesan nyata dengan adanya fitur untuk memberikan material atau teksture yang didukung dengan plugin Mental Ray ataupun V-Ray.
  • Mampu menjalankan proses animasi karena software 3ds max mempunyai fitur bone dan bipped sehingga objek yang dibuat dapat digerakan serta diatur proses animasinya.
Lihat juga mengnal workspace 3ds max

author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.