BAT 3ds Max Tutorial : Cara
menggunakan toolbars di 3ds Max
Hallo sahabat
blogger, hari ini saya akan sedikit membahas mengenai cara menggunakan toolbars
di 3ds Max. oke kita mulai saja pembahasan mengenai bagaimana cara menggunakan
toolbars di 3ds max.
Toolbar
utama tersedia secara default dibawah menu di bagian atas 3ds Max window.
Menggunakan toolbars adalah salah satu dari banyaknya cara yang membingungkan
untuk menggunakan perintah karena banyak dari perintah-perintahnya membutuhkan
hanya satu kali klik.
Docking and Floating Toolbars
Secara
default, toolbars utama terdapat di sepanjang sudut atas dari tampilan dibawah
menu, tapi kalian dapat membuat semua toolbar yang ada (termasuk toolbar utama)
menjadi toolbar yang terapung atau terpisah dengan cara mengklik dan drag dua
garis lurus di sebelah kiri diujung toolbar dari sudut interface/tampilan.
Setelah kamu memisahkan itu dari window, kalian dapat mengatur ukuran dari
toolbar yang tadi dipisahkan dengan cara menggeser bagian sudut atau sisi dari toolbar
tersebut. Selanjutnya kalian dapat menggeser dan menyematkan toolbar ke lokasi
terakhir toolbar tersebut di sematkan. Gambar 1.1 memperlihatkan toolbar utama
sebagai panel yang terapung.
Jika
Anda klik kanan setiap toolbar yang terapung jauh dari tombol, Anda dapat
mengakses menu pop-up yang berisi opsi untuk menyematkan atau mengapungkan
toolbar saat ini, mengakses Customize User Interface window, atau menampilkan
atau menyembunyikan salah satu toolbar atau Command Panel. Toolbar utama dapat
disembunyikan dan dibuat terlihat lagi dengan menekan Alt + 6 pada shortcut
keyboard.
Gambar 1.1 Toolbars
utama
Toolbar utama
berisi tombol dan drop-down list untuk mengontrol banyak dari fungsi popular
3ds Max. jika kalian memilih Costumize
➪ Show UI ➪ Show Floating Toolbars menu command,
beberapa toolbar cadangan akan muncul. Ini adalah floating toolbar atau toolbar
yang mengapung. Kalian juga dapat membuat mereka muncul dengan memilihnya
secara terpisah dari pop up menu saat kalian meng-klik kanan toolbar tersebut. Floating toolbars ini berisi viewport layout Tabs, Axis Constraints,
Layers, Extras, Render Shortcuts, Snaps, Animation layer, Containers, Mass FX
Toolbar, dan Brush Presets.
Using tooltips and Flyouts
semua ikon tombol (termasuk semua
yang ditemukan di toolbar, Command Panel, dan box dialog lainnya dan windows)
termasuk tooltips, yang dapat mengidentifikasi label teks. Jika kalian menahan
cursor mouse diatas ikon tombol, maka label tooltip akan muncul. Fitur ini
sangat membantu mengidentifikasi tombol. Jika kalian tidak dapat mengingat
secara spesifik tombol-tombol tersebut, arahkan dan tahan kursor di atas tombol
yang di maksud, dan tooltip akan memberikan nama tombol tersebut.
Semua tombol toolbar dengan
segitiga kecil di sudut kanan bawah, seperti yang terdapat pada tombol Rectangular
Selection Region, itu menunjukan bahwa tombol tersebut memiliki beberapa fungsi
yang akan muncul sebagai flyout menu. Flyout adalah satu tombol toolbar yang
melebar untuk menampilkan tombol cadangan. Klik dan tahan pada flyout untuk
menampilkan toolbar cadangan, dan drag untuk memilih salah satu toolbar. Flyout
menu dapat dilihat pada gambar 1.2.
Gambar 1.2 Flyout
menus bundle toolbar buttons together.
Menggunakan Quick Access Toolbar
Quick
Access Toolbar terletak di sebelah tombol aplikasi di title bar. Mini toolbar
ini berisi ikon untuk menggunakan perintah : New Scene, Open File, Save File,
Undo Scene Operations, Redo Scene Operations, dan Project Folder. Drop-down
list yang mengijikan kalian untuk merubah layout workspace. Jika kalian klik ikon
panah ke bawah di ujung bagian kanan toolbar, kalian dapat mengakses menu
dengan pilihan untuk menyembunyikan salah satu dari ikon ataun menu. Kalian
juka dapat memilih untuk menampilkan toolbar Beneath the Ribbon.
Mengenal Toolbar Utama
pada layar beresolusi
kecil, toolbar utama terlalu panjang untuk dibiarkan terlihat. Untuk melihat
seluruh toolbar utama, kalian harus meng-set resolusi setidaknya 1280 pixel
wide. Untuk melihat ujung toolbar kalian harus meng-skrolnya, posisi kursor
pada toolbar jauh dari tombol, seperti di bawah ini salah satu daftar drop-down
(perubahan kursor ke tangan); lalu klik dan drag toolbar ke arah yang lain.
menggunakan kursor tangan untuk meng-skrol juga bekerja pada command panel,
material editor, dan tempat yang lain dimana panel melebihi ruang yang
diberikan.
Tombol
toolbar yang membuka dialog boxes seperti Layer Manager, Material Editor, dan
tombol Render Setup adalah tombol yang dapat membuka tampilannya sendiri.
Ketika dialog box terbuka, tombolnya akan di sorot, itu menunjukan bahwa dialog
box terbuka. Meng-klik tombol yang di sorot
akan menutup dialog box. Sesuai menu (dan shortcut keyboard) yang
bekerja dengan cara yang sama, dengan tanda centang kecil yang muncul di
sebelah kiri Command Menu ketika dialog box terbuka.
Berikut adalah table 1.1 yang
berisi list control yang terdapat pada toolbar utama, tombol dengan flyouts
dipisahkan dengan tanda (,) koma.
Menggunakan Modeling Ribbon
Interface Modeling Ribbon adalah toolbar mewah pada banyak
bagian tool yang berbeda. Saat ini diisi dengan berbagai tool pemodelan yang
secara kolektif disebut Modeling Graphite tools. kalian dapat mengaktifkan
Modeling Ribbon dan mematikan dengan menggunakan tombol tool Graphite Modeling di
toolbar utama. Ketika diaktifkan, tab untuk tool Graphite Modeling, Freeform,
Selection, dan Object paint akan di tampilkan.
Gunakan
tombol Pita Minimize di ujung kanan pita, kalian dapat beralih ke display mode
hanya untuk meminimalkan tab, hanya panel titles, atau hanya tombol panel, atau
untuk mengaktifkan tombol siklus
minimize untuk setiap mode. Kalian juga dapat melakukan double-click untuk
meminimalkan tab ribbon atau melalui siklus
minimize mode.
Klik
Kanan pada Ribbon Title bar untuk mengakses menu pilihan untuk menampilkan atau
menyembunyikan tab dengan spesifik atau panel, mengatur ribbon, save or load
konfigurasi costum ribbon, beralih diantara orientasi horizontal dan vertical,
reset ribbon ke default, atau mengaktifkan tooltips. ;ihat gambar 1.3 yang
menunjukan perbedaan mode ribbon display.
Gambar 1.3
Oke segitu dulu tutorial kali ini
soalnya kalo terlalu panjang ntar makin ngelantur wkwkwkwk
Di tutorial selanjutnya kita akan
membahas tentang bagaimana menggunakan viewports di 3ds max…
Tidak ada komentar
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.