Social

Social

Slider

Featured Posts

Recent Post

Recent Tabs

Labels

Labels

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

My Gallery

Recent

Labels

slider

Labels

Recent

Recent

Navigation

Random

Pages

3.22.2017

BAT 3ds Max Tutorial : Cara menggunakan toolbars di 3ds Max

Tidak ada komentar


BAT 3ds Max Tutorial : Cara menggunakan toolbars di 3ds Max

Hallo sahabat blogger, hari ini saya akan sedikit membahas mengenai cara menggunakan toolbars di 3ds Max. oke kita mulai saja pembahasan mengenai bagaimana cara menggunakan toolbars di 3ds max.
                Toolbar utama tersedia secara default dibawah menu di bagian atas 3ds Max window. Menggunakan toolbars adalah salah satu dari banyaknya cara yang membingungkan untuk menggunakan perintah karena banyak dari perintah-perintahnya membutuhkan hanya satu kali klik.

Docking and Floating Toolbars

                Secara default, toolbars utama terdapat di sepanjang sudut atas dari tampilan dibawah menu, tapi kalian dapat membuat semua toolbar yang ada (termasuk toolbar utama) menjadi toolbar yang terapung atau terpisah dengan cara mengklik dan drag dua garis lurus di sebelah kiri diujung toolbar dari sudut interface/tampilan. Setelah kamu memisahkan itu dari window, kalian dapat mengatur ukuran dari toolbar yang tadi dipisahkan dengan cara menggeser bagian sudut atau sisi dari toolbar tersebut. Selanjutnya kalian dapat menggeser dan menyematkan toolbar ke lokasi terakhir toolbar tersebut di sematkan. Gambar 1.1 memperlihatkan toolbar utama sebagai panel yang terapung.
                Jika Anda klik kanan setiap toolbar yang terapung jauh dari tombol, Anda dapat mengakses menu pop-up yang berisi opsi untuk menyematkan atau mengapungkan toolbar saat ini, mengakses Customize User Interface window, atau menampilkan atau menyembunyikan salah satu toolbar atau Command Panel. Toolbar utama dapat disembunyikan dan dibuat terlihat lagi dengan menekan Alt + 6 pada shortcut keyboard.
Gambar 1.1 Toolbars utama


Toolbar utama berisi tombol dan drop-down list untuk mengontrol banyak dari fungsi popular 3ds Max. jika kalian memilih Costumize Show UI Show Floating Toolbars menu command, beberapa toolbar cadangan akan muncul. Ini adalah floating toolbar atau toolbar yang mengapung. Kalian juga dapat membuat mereka muncul dengan memilihnya secara terpisah dari pop up menu saat kalian meng-klik kanan toolbar tersebut. Floating toolbars ini berisi viewport layout Tabs, Axis Constraints, Layers, Extras, Render Shortcuts, Snaps, Animation layer, Containers, Mass FX Toolbar, dan Brush Presets.
Using tooltips and Flyouts
semua ikon tombol (termasuk semua yang ditemukan di toolbar, Command Panel, dan box dialog lainnya dan windows) termasuk tooltips, yang dapat mengidentifikasi label teks. Jika kalian menahan cursor mouse diatas ikon tombol, maka label tooltip akan muncul. Fitur ini sangat membantu mengidentifikasi tombol. Jika kalian tidak dapat mengingat secara spesifik tombol-tombol tersebut, arahkan dan tahan kursor di atas tombol yang di maksud, dan tooltip akan memberikan nama tombol tersebut.
Semua tombol toolbar dengan segitiga kecil di sudut kanan bawah, seperti yang terdapat pada tombol Rectangular Selection Region, itu menunjukan bahwa tombol tersebut memiliki beberapa fungsi yang akan muncul sebagai flyout menu. Flyout adalah satu tombol toolbar yang melebar untuk menampilkan tombol cadangan. Klik dan tahan pada flyout untuk menampilkan toolbar cadangan, dan drag untuk memilih salah satu toolbar. Flyout menu dapat dilihat pada gambar 1.2.
Gambar 1.2 Flyout menus bundle toolbar buttons together.


Menggunakan Quick Access Toolbar

                Quick Access Toolbar terletak di sebelah tombol aplikasi di title bar. Mini toolbar ini berisi ikon untuk menggunakan perintah : New Scene, Open File, Save File, Undo Scene Operations, Redo Scene Operations, dan Project Folder. Drop-down list yang mengijikan kalian untuk merubah layout workspace. Jika kalian klik ikon panah ke bawah di ujung bagian kanan toolbar, kalian dapat mengakses menu dengan pilihan untuk menyembunyikan salah satu dari ikon ataun menu. Kalian juka dapat memilih untuk menampilkan toolbar Beneath the Ribbon.

Mengenal Toolbar Utama

                pada layar beresolusi kecil, toolbar utama terlalu panjang untuk dibiarkan terlihat. Untuk melihat seluruh toolbar utama, kalian harus meng-set resolusi setidaknya 1280 pixel wide. Untuk melihat ujung toolbar kalian harus meng-skrolnya, posisi kursor pada toolbar jauh dari tombol, seperti di bawah ini salah satu daftar drop-down (perubahan kursor ke tangan); lalu klik dan drag toolbar ke arah yang lain. menggunakan kursor tangan untuk meng-skrol juga bekerja pada command panel, material editor, dan tempat yang lain dimana panel melebihi ruang yang diberikan.
                Tombol toolbar yang membuka dialog boxes seperti Layer Manager, Material Editor, dan tombol Render Setup adalah tombol yang dapat membuka tampilannya sendiri. Ketika dialog box terbuka, tombolnya akan di sorot, itu menunjukan bahwa dialog box terbuka. Meng-klik tombol yang di sorot  akan menutup dialog box. Sesuai menu (dan shortcut keyboard) yang bekerja dengan cara yang sama, dengan tanda centang kecil yang muncul di sebelah kiri Command Menu ketika dialog box terbuka.
Berikut adalah table 1.1 yang berisi list control yang terdapat pada toolbar utama, tombol dengan flyouts dipisahkan dengan tanda (,) koma.



Menggunakan Modeling Ribbon

Interface Modeling Ribbon adalah toolbar mewah pada banyak bagian tool yang berbeda. Saat ini diisi dengan berbagai tool pemodelan yang secara kolektif disebut Modeling Graphite tools. kalian dapat mengaktifkan Modeling Ribbon dan mematikan dengan menggunakan tombol tool Graphite Modeling di toolbar utama. Ketika diaktifkan, tab untuk tool Graphite Modeling, Freeform, Selection, dan Object paint akan di tampilkan.
                Gunakan tombol Pita Minimize di ujung kanan pita, kalian dapat beralih ke display mode hanya untuk meminimalkan tab, hanya panel titles, atau hanya tombol panel, atau untuk mengaktifkan tombol siklus  minimize untuk setiap mode. Kalian juga dapat melakukan double-click untuk meminimalkan tab ribbon atau melalui siklus  minimize mode.
                Klik Kanan pada Ribbon Title bar untuk mengakses menu pilihan untuk menampilkan atau menyembunyikan tab dengan spesifik atau panel, mengatur ribbon, save or load konfigurasi costum ribbon, beralih diantara orientasi horizontal dan vertical, reset ribbon ke default, atau mengaktifkan tooltips. ;ihat gambar 1.3 yang menunjukan perbedaan mode ribbon display.

Gambar 1.3
 
Oke segitu dulu tutorial kali ini soalnya kalo terlalu panjang ntar makin ngelantur wkwkwkwk
Di tutorial selanjutnya kita akan membahas tentang bagaimana menggunakan viewports di 3ds max…


author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.