Social

Social

Slider

Featured Posts

Recent Post

Recent Tabs

Labels

Labels

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

My Gallery

Recent

Labels

slider

Labels

Recent

Recent

Navigation

Random

Pages

3.20.2017

BAT 3ds Max Tutorial : Cara Menggunakan menu di 3ds Max

Tidak ada komentar


Tutorial Cara menggunakan menu di 3ds Max

Pull-down menu yang terdapat di bagian atas interface 3ds max berisi banyak fitur yang tersedia di 3ds max dan penempatannya yang sangat baik sehingga mudah digunakan untuk pengguna baru. Beberapa perintah menu memiliki tombol toolbar yang sesuai dan shortcut keyboard. Untuk menggunakan menu perintah, kalian bisa memilihnya dari menu dengan kursor mouse (tinggal di klik), klik salah satu toolbar atau gunakan keyboard shortcut.
Menu utama berisi beberapa opsi sebagai berikut : objects, edit, modifier, animation, simulate, material, lighting/cameras, rendering, scene, costumize, MAXScript, dan bantuan. Tidak seperti beberapa program lain, opsi menu ini tidak akan menghilang walaupun sedang tidak dibutuhkan. Listnya sudah di set dan menu tersebut akan selalu berada disana saat kamu butuhkan, akan tetapi kalian bisa menyembunyikan toolbar jika kalian menginginkannya.
File menu perintah terdapat di bawah tombol yang menampilkan logo 3ds max. menu tersebut biasa disebut tombol aplikasi (application button). Beberapa perintah yang umum sudah berada pada bagian Quick Access Toolbar untuk akses cepat, seperti yang ditunjukkan pada Gambar 1.0.

Gambar 1.0


Jika perintah keyboard tersedia untuk menu perintah, itu akan terlihat pada item menu. Jika ikon dialog box muncul setelah item menu, itu karena menu perintah yang menyebabkan terbukanya dialog box secara terpisah. Panah hitam kecil dikanan item menu menunjukan bahwa terdapat submenu. Meng-klik item menu atau menahan mouse melewati bagian atas item menu membuat submenu muncul. Toogle menu option (seperti animation -> Display-> show Goshting) merubah status setiap kali hal tersebut dipilih. Jika toogle menu option diaktifkan, tanda centang kecil muncul di kiri, jika tidak aktif, tidak ada tanda centang yang muncul.
Kalian juga dapat menavigasi menu menggunakan keyboard dengan menekan tombol Alt. Dengan memilih menu edit, dan selanjutnya kalian gunakan tanda panah untuk berpindah ke atas dan bawah dan diantara menu. Dengan memilih menu, kalian bisa menekan huruf keyboard yang di garis bawahi untuk memilih dan mengeksekusi menu perintah. Sebagai contoh, tekan dan tahan Alt dan E (untuk mengedit), dan selanjutnya gunakan panah kebawah untuk memilih perintah dan tekan tombol enter.
Tidak semua menu perintah tersedia di setiap menu. Jika menu perintah tidak tersedia, itu ditandai dengan warna abu-abu, seperti yang terlihat pada gambar 1.1, dan kalian tidak dapat memilihnya. Sebagai contoh, perintah Clone tersedia hanya jika object dipilih. Jadi jika tidak ada objek yang dipilih, perintah clone akan terlihat berwarna abu dan tidak tersedia. Setelah kamu memilih objek, perintah ini akan tersedia.


Ya untuk kali ini segitu dulu yaa guys, untuk selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara menggunakan toolbar. Jangan lupa share yaa
author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.