3ds Max Tutorial : Mengenal Interface Autodesk 3ds
Max
Oke, kali ini saya akan
menjelaskan tentang interface 3ds max 2014, dan pertanyaan pertama yang ada
didalam pikiran bagi pengguna software 3ds max ini adalah, “apakah interfacenya
berubah ?” dan jawabannya sedikit menyenangkan karena perubahan yang terjadi
tidaklah banyak. Jika kalian sudah terbiasa menggunakan software 3ds max maka
kalian akan melihat semua shortcut masih berada di tempat yang sama hanya saja
di 3ds max 2014 ini terdapat beberapa tambahan.
Kenapa software interface ini
sangat penting ? jawabannya adalah, interface adalah satu set control yang
mengijinkan kamu untuk mengakses fitur yang terdapat pada program. Tanpa
interface yang bagus, kamu mungkin tidak akan menggunakan fitur terbaik dari
sebuah software, atau kamu akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mengetahui
lokasi fitur dari sebuah software. Sebuah software bias memiliki fitur terbaik,
tapi jika pengguna tidak dapat menggunakan atau mengakses fitur tersebut, maka
potensi software tersebut tidak dapat digunanakan. 3ds max adalah software yang
sangat bagus dengan beberapa fitur mengagumkan, dan untungnya interface yang
dimiliki 3ds max membuat fitur yang mengagumkan tersebut mudah ditemukan dan
digunakan, meskipun terkadang bisa membuat pengguna baru sedikit ketakutan.
Penjelasan kali ini akan
membahasa beberapa tips untuk membuat interface 3ds max terasa nyaman, tidak
rumit. Jika kalian baru menggunakan 3ds max, langkah pertama yang harus
dilakukan adalah mengeksplor lingkungan dan bertemu tetangga. Interface
mempunyai beberapa grup elemen yang menyusun perintah yang mirip. Contohnya,
semua perintah untuk mengontrol viewports di satukan ke dalam viewport
navigation control yang bisa ditemukan di sudut kanan bawah interface.
Keseluruhan interface dapat
dibagi menjadi 6 elemen. Beberapa dari elemen interface ini mempunyai kumpulan
sub-elements. Enam elemen interface utama tersebut dapat di lihat pada gambar
dibawah ini :
Gambar enam elemen utama dari interface 3ds max
- Title bar and menus : adalah source default untuk banyak perintah, salah satu metode interface yang banyak memakan waktu. Title bar and menus dapat ditemukan di sepanjang sudut bagian atas interface 3ds max.
- Toolbars : 3ds max mempunyai beberapa toolbar dari tombol ikon yang membutuhkan satu klik untuk mengakses fitur. Toolbar ini dapat ditampilkan terpisah atau menempel di sudut interface.
- Modeling Ribbon : berlokasi di bawah toolbar utama, modeling ribbon menyediakan quick access ke fitur polygon modeling, termasuk Graphite Modeling Tools. Di isi dengan panel, tombol dan menu ketika objek modeling dipilih.
- Viewports : Empat tampilan terpisah ke scene menunjukan scene dari berbagai sudut, termasuk tampilan atas, depan, kiri, dan perspective.
- Command Panel : Control panel utama, berlokasi di sebelah kanan dari empat bagian viewports. Terdiri dari enam ikon tab di bagian atas yang bisa di klik untuk membuka berbgai macam panel. Masing – masing panel berisi parameter dan seting. Setiap panel meliputi rollout yang mengandung parameter dan pengaturan. rollout ini akan berubah tergantung pada objek dan tab yang dipilih.
- Lower Interface bar : Sepanjang sudut interface window yang berisi kumpulan berbagai macam kontrol untuk bekerja dengan animasi dan navigasi viewports.
- Selain elemen default di atas terdapat beberapa elemen antarmuka yang awalnya tidak terlihat saat 3ds Max pertama kali dimuat. elemen antarmuka tambahan tersebut adalah sebagai berikut:
- Floating toolbars : beberapa tambahan toolbars tersedia sebagai floating toolbars. Kalian dapat mengaksesnya dengan cara memilih menu Costumize -> Show Floating Toolbars atau dengan memilih dari toolbar utama dengan cara klik kanan dan akan muncul pop up menu.
- Quad menus : klik kanan pada viewport aktif lalu akan muncul pop up menu dengan lebih dari empat panel, yang disebut sebagai quad menu. Quad menus menawarkan contexr-sensitive commands berdasarkan dari objek atau lokasi klik dan memberikan satu dari cara cepat untuk mengakses commands.
- Caddy Setting : ketika membuat objek, Kalian dapat membuka pengaturan Caddy. Ini kelompok pengaturan mengapung dalam kotak dialog sederhana dekat pilihan saat ini dan menawarkan beberapa pengaturan yang langsung diperbarui di viewport.
- Dialog boxes and editors : beberapa perintah membuka bagian control window, seperti Array dialog box atau editor material. Dialog boxes ini berisi menunya sendiri, toolbar, dan elemen interface.
Oke untuk sekarang segitu dulu
aja yaa guys, untuk selanjutnya saya akan membahas bagaimana cara menggunakan
menu di 3ds max.
Tidak ada komentar
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.